Cari tahu asal usul nenek moyang dari test DNA

Pada Natal 2018 lalu, aku berkunjung ke Kanada. Temanku yang tinggal disana ternyata sudah mempersiapkan kado Natal untukku. Kado Natal ini ternyata cukup spesial karena ini sesuatu yang belum bisa ditemukan di Indonesia. Kado Natalnya berupa test kit DNA dari 23andMe.

test kit DNA

Apa itu 23andMe?

23andMe adalah perusahaan Amerika yang menyediakan test DNA kepada customer nya, sehingga customernya bisa tahu asal usul mereka dari mana, nenek moyang nya bangsa apa, keturunan darimana, dan juga selain itu mereka juga bisa menyediakan info tentang kesehatan customernya berdasarkan test DNA nya.

Jadi test kit nya ada 2 macam:

  1. Ancestry + Traits,
  2. Ancestry + Health

Ancestry artinya keturunan, Traits artinya ciri ciri khas kita secara genetik.

Paket yang Ancestry and Traits lebih murah daripada Ancestry and Health. Karena yang pakai Health informasinya lebih lengkap, berisi tentang misalnya kelainan genetik apa yang mungkin kalian warisi dari papa mama, dan lain lain.

Kebetulan aku diberi kado kit nya yang Ancestry and Health. Awalnya aku agak takut untuk buka informasi soal Health, tapi ternyata tidak begitu menakutkan, dan malah bisa wanti wanti jaga kesehatan dari sekarang kalau misalnya ternyata, oh kamu mewarisi 1 gen yang terasosiasi dengan diabetes, misalnya.

Gimana cara test DNA nya?

Gampang banget, ngga pake jarum, ngga pake darah, di dalam test kit DNA nya disiapkan tabung kecil yang kita harus isi dengan ludah kita. Tabungnya hanya sebesar kira2 satu jari telunjuk. Sebelum masukin ludah ke tabung, kita tidak boleh makan , gosok gigi, dan lain lain selama kurang lebih 1 jam sebelumnya.

Tabungnya lalu dikirim ke laboratorium 23andMe dan mereka akan analisa. Hasilnya akan keluar sekitar 1 bulan sesudahnya via email. Test kit nya sendiri sudah termasuk biaya kirim ke laboratoriumnya.

Kita juga daftarkan alamat email kita ke situs 23andMe, dan disitu kita masukkan kode yang tertera di DNA kit kita. Jadi informasinya tidak tertukar dan nanti sign in ke situsnya dengan email kita lalu kita bisa liat informasi tentang kita.

Aku tau dari dulu ayahku keturunan Tionghoa, ibuku Bali, jadi aku yakin pasti hasilnya ada Chinese-nya, tapi yang ngga disangka, ternyata aku juga keturunan bangsa Asia lainnya.

keturunan campur sari

Ini adalah hasil komposisi aku ini dari keturunan apa:

  • Indonesia, Thai, Khmer & Myanmar (mereka semua ini 1 rumpun nya 1 grup) = 58,1%
  • Filipino & Austronesian = 12.4 %
  • Vietnam = 11.2 %
  • Chinese mainland = 5.4 %
  • Chinese Dai = 2.4 %
  • Broadly Chinese and Southeast Asian = 10.3 %

Ternyata aku ada darah Filipino nya, dan juga Vietnam. Ini bikin kaget juga, karena dulu waktu kuliah di Honolulu, suka jengkel karena sering dibanding bandingkan dengan orang Filipina. “Oh I thought you are Filipino”. Ini kata kata yang sudah sering banget aku denger.

Tapi ya memang orang Indonesia secara fisik mirip banget sama Filipino. Kejengkelanku ngga ada dasarnya. Itu sesuatu yang harusnya aku rangkul dan make peace aja. Intinya aku seneng berteman dengan banyak orang Filipina, mereka ramah ramah dan makanannya enak enak, mirip dengan selera Indonesia.

Untuk keturunan Vietnam, ternyata nenek moyangku secara genetik asalnya dari kota DaNang.

Kalau untuk Chinese Dai, ternyata ini adalah suku Chinese minoritas yang dulu selain di China, juga menetap di Burma, Laos, Vietnam dan Thailand.

Selain soal keturunan nenek moyang, mereka juga sediakan informasi soal Health, Wellness, Traits, dan lain lain.

Di bagian Traits, disitu banyak diberikan penjelasan sifat sifatku secara genetik, yang kalau dipikir pikir banyak benernya, misalnya:

– more likely to experience motion sickness; ini bener banget, aku tuh gampang banget mabuk darat/ mabuk laut.
– prefers salty ; memang bener lebih suka makanan yg asin gurih daripada makanan manis.
– likely dry earwax ; ternyata kotoran telinga juga bisa dicek dari genetik -_-

Tapi ada juga beberapa yang ngga cocok, misalnya diketerangan dijelaskan soal “Fear of Public Speaking”, aku hasilnya less likely to have a fear of public speaking, padahal aku paling ngeri kalau disuruh public speaking.

Ada juga bagian dimana kita bisa tahu apakah kita punya genetik bawaan yang bisa menurunkan kelainan ke anak anak kita nanti misalnya seperti; Cystic Fibrosis, Bloom Syndrome, Sickle Cell Anemia, dll. Alhamdulillah dari 44 varian kelainan genetik tersebut, semuanya tidak ditemukan di DNA ku.

Di bagian highlight soal kesehatan, ternyata aku punya 1 dari 2 gen yang terasosiasi dengan Celiac Disease, jadi mulai sekarang aku belajar untuk ngga makan banyak gluten.

Aku juga punya peluang besar untuk kena diabetes type 2 kalau ngga jaga jaga makan, karena punya gen yang terkait dengan penyakit diabetes.

Situs 23andMe kadang suka update juga , dan kita bisa dapat juga updatenya kalau ada research lain yang mereka kembangkan.

Jadi saranku, kalau misalnya suatu saat temen temen ada yang bisa berkunjung ke negara yang ada 23andMe nya misalnya seperti Amerika Serikat, Kanada, atau berbagai negara di Eropa dan punya temen atau keluarga disana yg alamat rumahnya bisa dijadikan alamat pengiriman test kit DNA nya, bisa dicoba nih. Karena biaya test DNA nya juga ngga gitu murah, aku sediakan link dibawah ini supaya kalian bisa dapet diskon 20%. Lumayan banget kan. Gimana? Mau coba?

Ini link nya:
https://refer.23andme.com/s/stellamgunawan

Selamat mencoba!

One thought on “Cari tahu asal usul nenek moyang dari test DNA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: