Apa itu Diet Keto?

Tubuh kita butuh sumber energi, dan sumber energi itu biasanya dari karbohidrat/gula (sugar), tapi kalau keto diet (ketogenic diet) itu membakar energinya bukan dari gula tapi dari lemak (ketones).

Pembakaran energi dari lemak biasanya lebih stabil daripada dari gula. Karena kalo kebanyakan makan karbohidrat, jadi cepat lapar lagi.

Kalau mau turun berat badan dari diet keto, intinya bikin badan sehat dulu, getting healthy dulu, nanti dengan sendirinya tubuh akan turun berat badannya. Jadi fokusnya disini utk makan secara sehat dulu, baru loosing weight.

Diet keto juga biasanya dibarengi dengan intermitten fasting (semacam puasa), jadi misalnya makan hanya di jam 11 siang dan 3 sore saja, sisanya tidak makan, jadi di diet keto tidak ada ngemil, karena tiap makan/ngemil, tubuh memproduksi hormon insulin, sedangkan kalau kebanyakan insulin, jadi bahaya bagi tubuh. Jadi diet keto juga lebih bagus dibarengi dengan intermitten fasting supaya menurunkan kadar insulin. Jadi dalam 1 hari cuma makan 2 kali atau 1 kali.

Cara menurunkan kadar insulin adalah dengan makan makanan yang rendah karbohidrat/gula. Jadi nggak makan nasi, pasta, mie, sereal, waffle/pancake, biskuit, gandum, ngga minum alkohol dan ngga minum jus juga (karena biasanya jus yang ada di supermarket itu kandungan gulanya tinggi).

Gimana taunya badan kita ini kebanyakan insulin apa enggak? Cara taunya gampang, kalau perut kita buncit, berarti kebanyakan insulin, ciri ciri lain diantaranya:

– tekanan darah tinggi (high blood pressure)
– kolesterol tinggi ( high cholesterol)
– gampang capek (fatigue), terutama setelah makan.
– kurang fokus (lack of focus)
– gangguan ingatan/sering lupa (poor memory)
– moody, gampang kesel, depresi
– pengen makan banyak karbohidrat, ngidam nasi, pasta, roti, dan makanan yang manis manis
– laper melulu, padahal baru aja makan siang misalnya, dan jam makan malem masih lama.

Kalo merasa salah satu diatas, ada bagusnya coba diet keto. Makanan diet keto dalam 1 piring biasanya terdiri dari setengah piring isinya sayur sayuran, lalapan / salad, seperempatnya protein, dan seperempatnya lemak.

Kalau badan kita udah ganti sumber energi jadi bakar lemak, biasanya badan kita ngga gampang lapar lagi, karena energi dari lemak itu lebih stabil, ngga bikin gampang lapar seperti makan karbo.

Cara mulai diet keto

– pagi pagi tidak sarapan, jadi tidak makan selama mungkin sebisa mungkin, jadi melatih tubuh untuk mulai membakar lemak untuk sumber energinya. Kalau sarapan, tubuh belum mulai bakar lemak, tapi malah tetap pakai sumber energi yg diasup misalnya karbo, karena menu sarapan biasanya tinggi karbo seperti nasi goreng, bubur ayam, pancake waffle, sereal, roti dan jus, ini semua makanan yang bukan keto.
Nanti kalau sudah terbiasa makan makanan keto, badan akan terasa jarang lapar.

Beberapa daftar bahan makanan diet keto:

Semua sayuran, mostly sayuran hijau semua boleh; bayam, kangkung, brokoli, kol, kale, horenso, selada air, selada, brokoli, kembang kol, brussels sprout, sawi, pakchoy, asparagus, zucchini, jamur, taoge, seledri, kacang panjang, buncis, dll.

Hampir semua jenis protein boleh, misalnya; ayam, ayam kalkun, bebek, daging sapi, daging kambing/domba, daging babi, bacon, salmon, tuna, ikan teri, udang, kepiting, telur, udang, cumi, kerang, sarden.

Minyak2an juga ngga masalah; minyak zaitun, minyak sawit, minyak kelapa, minyak kacang, MCT oil.

Hampir semua kacang kacangan boleh, misalnya kacang almond, mede, makadamia, kuaci, pistachio, walnut, pecan nuts, kacang brazil , chia seeds, flaxseeds, selasih, wijen, dll.

Dairy yang disarankan; keju, greek yoghurt, butter, heavy cream, cottage cheese.

Buah2an kebanyakan ngga boleh karena banyak mengandung gula dan karbo, tapi yang boleh misalnya; blackberry, raspberi, blueberry, stroberi, lemon, tomat, alpukat, bengkuang.

Minuman; kopi , teh, tanpa gula, air minum biasa.

Selain menyehatkan, diet keto ini bagus juga untuk menurunkan berat badan, karena kalau kita makan banyak lemak dan protein dan serat dari sayuran, kita malah cenderung makan dengan kalori yang lebih sedikit.

Dulu penulis sudah pernah coba diet keto, dan berat badan yg tadinya 52 kg bisa turun jadi 47 kg dalam waktu satu setengah bulan. Celana jeans yang tadinya kesempitan sudah mulai muat lagi, jarang merasa lapar, rambut yang tadinya rontok parah jadi berkurang, dan jadi doyan makan sayur.

So what do you think, guys? Mau coba?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: